17 Februari 2010

What Business Are We In?

Pada suatu hari ketika saya sedang menjadi pembicara di radio Pas FM 92,4 MHz, ada seorang yang menelepon ke studio untuk melakukan interaksi. Beliau dengan berbaik hati menyampaikan bahwa di internet ada tersedia banyak software akuntansi bajakan. Dia mengingatkan bahwa bisnis saya bisa terancam untuk gulung tikar.

Sambil tersenyum saya menjelaskan kepada beliau bahwa kami tidak khawatir mengenai hal itu karena kami tidak melihat diri kami sebagai perusahaan yang menyediakan software akuntansi, melainkan penyedia solusi bisnis. Kami melihat software akuntansi hanyalah sebuah alat bantu. Selayaknya alat bantu lainnya, siapa pengguna alat itulah yang lebih penting.

Bagi customer, tidak ada gunanya mereka memiliki software akuntansi apabila software tersebut tidak di-setup dengan benar. Software tersebut akan menjadi barang rongsokan belaka.

Mengapa pertanyaan 'What Business Are We In?' ini sangat penting untuk dijawab? Contoh kasus: perusahaan rel kereta api yang melihat dirinya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang kereta api akan hilang ditelan jaman. Berbeda dengan perusahaan kereta api yang melihat dirinya adalah perusahaan transportasi, dengan mudah akan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dalam hal ini pesawat terbang.

Nah, mari kita evaluasi lagi apa yang sebetulnya yang menjadi bidang perusahaan Anda? Coba tanyakan: Mengapa customer Anda membeli dari Anda? Apa yang sebetulnya yang mereka butuhkan dari Anda?

Contoh yang lain: Anda mempunyai toko bunga. Dengan mudah Anda akan terjebak dengan jawaban: Bisnis saya bergerak di bidang jual beli bunga. Tidak. Anda tidak bergerak di bisnis jual beli bunga. Anda sedang berbisnis: komunikasi. Anda menyampaikan pesan seseorang.

Apa untungnya bagi Anda setelah mengetahui Anda ada di bisnis Apa? Untungnya adalah dengan mudah Anda bisa menyesuaikan produk atau jasa yang Anda jual kepada pelanggan Anda tanpa mengubah/keluar dari misi perusahaan Anda. Dengan adanya diferensiasi ini bisa membuat Anda memiliki USP yang kuat dibandingkan kompetitor Anda.

Tidak ada komentar: