17 September 2015

Kerugian Bila Tidak Menggunakan Software Akuntansi

Sampai saat ini masih ada 80% perusahaan di Indonesia yang belum menggunakan software akunting. Cukup mengherankan.
Pada artikel saya sebelumnya sudah saya paparkan alasan-alasan apa saja yang biasa dilontarkan oleh para pebisnis yang belum mau pakai Accounting Software.

Kali ini saya mau membahas tentang kerugian apa saja bila sebuah perusahaan tidak menggunakan software akuntansi.

Bagian pertama adalah kerugian dari internal:
Bila bisnis Anda banyak mengandalkan penjualan kredit, maka piutang Anda adalah salah satu hal yang penting untuk dimonitor. Tanpa adanya software akuntansi yang terintegrasi dengan modul Piutang, berarti Anda harus pantau piutang Anda melalui excel atau manual dengan kertas. Berapa banyak cashflow Anda yang nyangkut di piutang hanya karena Anda telat menagih piutang?

Masih di bagian internal, bila bisnis Anda banyak menyimpan inventory, apakah Anda bisa memantau stock mana yang fast moving dan slow moving? Telat menyediakan stock berarti Anda kehilangan potensi sales. Stok yang terlalu banyak akan memacetkan cash flow Anda.
"Software Akuntansi bisa membuat Anda lebih Profit dan berlimpah Cashflow"
Bagaimana dengan biaya Anda? Apakah selalu Anda pantau? Menurut Shigeo Shingo, "biaya yang paling bahaya adalah biaya yang tidak kita kenal". Apakah Anda sudah tahu ke mana saja semua uang Anda pergi? Software akuntansi bisa membantu Anda melacak ke mana perginya uang yang dengan susah payah Anda kumpulkan dari penjualan.

Bagian kedua adalah dari eksternal:
Apakah Anda tahu berapa persisnya HPP Anda? Atau Anda termasuk pebisnis yang masih mengandalkan intuisi? Saat kompetisi masih lembek, mungkin Anda tidak perduli dengan profit margin Anda. Namun bila kompetisi mulai mengganas, Anda harus berhati-hati menentukan harga jual Anda agar bisnis Anda tetap kompetitif. Software akuntansi yang terintegrasi dengan modul persediaan mampu membantu Anda menghitung harga pokok penjualan secara akurat sehingga Anda tahu persis berapa keuntungan kotor dari setiap penjualan Anda.

Kesimpulannya: Bila Anda tidak menggunakan software akuntansi, kemungkinan Anda belum menyadari betapa besarnya Cashflow Anda yang nyangkut dan Profit yang hilang yang seharusnya sudah menjadi milik Anda.

Artikel lain saya membuktikan bahwa semua kerugian itu bisa dicegah dengan memonitor angka-angka yang muncul di software akuntansi. Dengan kata lain, software akuntansi bisa membuat Anda lebih profit dan berlimpah cashflow.

Tidak ada komentar: