25 September 2013

Anda Tidak Mendapat Apa Yang Tidak Anda Bayar

Beberapa hari yang lalu saya membaca website sebuah perusahaan yang menyatakan bahwa kelebihan produknya adalah: Tidak ada biaya maintenance per tahun.
Wah, saya pikir, keren sekali nih. Perusahaan ini berani memberikan layanan purna jual tanpa dikenakan biaya apa pun per tahunnya.

Namun selidik punya selidik, ternyata perusahaan tersebut TIDAK menyediakan layanan purna jual dalam arti kata: bila Anda ada kesulitan dengan produk tersebut, sang vendor akan membantu secara langsung. Layanan purna jual yang disediakan adalah: para pengguna diminta untuk mencari sendiri di website-nya, atau bertanya di forum-forum yang sudah disediakan atau paling banter, email ke vendor.

Saya sering mendengar istilah: Tidak ada makan siang gratis. Bila Anda bisa makan gratis, bukan berarti makanan Anda gratis. Pasti ada pihak yang menanggung biaya makanan tersebut. Saya ingin mengubah sedikit pernyataan tersebut: Anda Tidak Mendapat Apa Yang Tidak Anda Bayar. Atau kalau menggunakan kalimat positif: Anda mendapat apa yang Anda bayar.

Kembali ke cerita di atas, mengapa Anda tidak perlu membayar biaya maintenance? Karena Anda memang tidak akan menerima jasa maintenance yang disediakan.

Contoh yang lain: Banyak orang yang ingin badannya sehat, ramping & seksi. Saat ini ada diet yang lagi sangat terkenal yang dipopulerkan oleh seorang selebriti. Apakah semua orang yang mengikuti diet tersebut akan selangsing dan seseksi sang selebriti? Jawabannya adalah tergantung apakah dietnya dijalankan dengan penuh.

Salah seorang yang saya kenal sedang menjalankan diet tersebut. Dia berani membayar harganya dengan tidak makan dari jam 19:00 malam hingga jam 12:00 siang. Saya percaya, bila diiringi dengan olah raga yang benar, bentuk tubuhnya akan segera berubah. Hanya sayangnya, yang bersangkutan belum berani membayar harga yang lain, yaitu tidak meninggalkan kebiasaannya untuk merokok.

Anda Mendapat Apa yang Anda Bayar. Anda bayar diet, maka Anda dapat kesehatan. Anda bayar rokok, maka Anda dapat tubuh yang penuh dengan nikotin. Anda bayar jasa maintenance, Anda dapatkan layanan maintenance. Begitu pula sebaliknya.

Dalam ilmu pengetahuan alam, fenomena tersebut disebut dengan Hukum Sebab-Akibat. Milikilah hikmat untuk mengetahui sebab-akibat alamiah apa yang akan terjadi agar Anda tidak menyesal menerima akibat yang sudah Anda bayar.

Tidak ada komentar: