01 September 2013

Waktu Yang Terbaik Untuk Menggunakan Accounting Software

Sudah bukan merupakan hal yang aneh bila Anda menjumpai perusahaan Indonesia yang belum menggunakan software akuntansi. Saya akan sangat mengerti bila ukuran perusahaannya masih mikro dan karyawannya hanya 1 atau 2 orang. Namun saya pernah menjumpai perusahaan dengan omset puluhan Milyar dengan ratusan karyawan yang masih mempersiapkan laporan keuangannya dengan program excel.

Tidak ada yang salah dengan program Excel. Program Excel adalah software spreadsheet yang sangat hebat dan populer. Yang salah adalah: Program Excel tidak dirancang sebagai software akuntansi. Ada banyak pihak, terutama yang bergerak di bidang akuntansi yang tidak mengerti programming, yang mencoba membuat program akuntansi dari excel. Sampai 1 titik mereka harus menyerah karena kompleksitasnya mulai meningkat. Formula atau makro yang dibuat sudah tidak mampu dipelihara lagi.

Jawaban yang sering saya dengar, terutama dari ABG (Angkata Babe Gue), adalah: dari dulu perusahaan saya bisa jalan tanpa software akuntansi, mengapa sekarang saya butuh? Saya tidak akan meladeni jawaban seperti tersebut karena jelas-jelas yang menjawab seperti itu belum tahu manfaat dari sebuah software akuntansi.

Ada juga yang menjawab bahwa mereka tahu bahwa menggunakan software akuntansi akan sangat membantu. Mereka belum pakai karena banyak alasannya, seperti:

  1. Mahal
  2. Merepotkan
  3. Tidak ada yang jalankan
  4. Tidak cocok dengan bisnis saya
  5. Belum ada waktu/masih sibuk
Pada saat industri Anda sedang naik daun, kelihatannya penggunaan software akuntansi belum terlalu dibutuhkan. Pada saat itu, profit masih bagus, cashflow selalu lancar, penjualan juga kencang selalu.

Namun ekonomi mulai berubah. Kurs rupiah mulai melemah. Pada saat artikel ini ditulis, kurs IDR terhadap USD sudah mencapai 11.650. Meningkat drastis dibandingkan beberapa bulan yang lalu yang hanya berkisar di 9.500-an. Tidak lama lagi, suku bunga pinjaman otomatis akan tergerek naik. Saat itulah efek domino mulai terjadi dan krisis ekonomi mulai datang lagi.

Bila industri Anda terimbas krisis ini, apakah Anda sudah siap? Kala penjualan mulai sepi, margin mulai menipis, cash flow mulai macet, apakah Anda perlu tahu angka-angka Anda?

Kalau tadinya untung Anda beberapa Milyar per bulan, hilang 1-2 juta rupiah mungkin tidak akan terlalu signifikan. Tapi bila profit Anda tinggal 100 juta per bulan, hilang 1-2 juta sudah berakibat berkurangnya profit sebanyak 1% - 2%. 

Sudah tidak jaman lagi untuk berbisnis hanya berdasarkan intuisi. Anda butuh informasi, dan dimulai dari informasi mengenai kondisi bisnis Anda sendiri. Software akuntansi merupakan sebuah alat bantu agar Anda bisa mengetahui kondisi bisnis Anda secara tepat & cepat. Bila Anda belum menggunakan software akuntansi, saat ini adalah saat yang tepat untuk invest.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

There are many fields in every organizations but accounting onre of the most important field so consider using a good quality accounting software's.

Thanks
Sanola Jerry

Accounting Software