26 Agustus 2013

Pengalaman Berbelanja di Zalora

Sepatu Reebok ku sudah lama rusak. Sejak saat itu, saya sudah lama tidak jogging. Sebagai gantinya, saya biasanya berolahraga ringan di rumah setiap hari. Namun di acara tujuh belasan kemarin, saya ikut meramaikan lomba lari se-RW, walaupun harus mengenakan sandal, membangkitkan kerinduan saya untuk berlari lagi.

Kebetulan saya melihat iklan Zalora, maka saya memutuskan untuk coba berbelanja di situ. Kesan pertama, jujur, ada perasaan tidak nyaman. Biasanya saya beli sepatu di toko, harus mencoba dulu. Saya mengandalkan sensor mata dan perasaan saya. Sekarang saya harus tergantung hanya pada sensor mata saya melihat. Itu pun hanya melihat gambar yang kecil.

Perasaan yang tidak menyenangkan ini sedikit dikompensasi dengan waktu searching yang relatif lebih mudah. Saya bisa sorting produk yang saya cari, dalam hal ini sepatu lari. Kalau di toko, saya harus mondar-mandir ke beberapa toko untuk mencari produk yang saya sukai.

Setelah menemukan produk yang terlihat menarik dan membandingkan dengan beberapa produk yang setara, saya memutuskan untuk membeli produk dalam negeri merek Eagle. Selain harga dan penampilannya yang menarik, sepatu ini mengingatkan masa SMA saya yang begitu fanatik dengan sepatu merek ini.

Hal yang menarik dari proses pembelian ini adalah: Zalora memberikan opsi pembayaran COD, alias bayar saat barang diterima. Menurut saya hal ini merupakan terobosan yang bagus. Selain itu, ongkos kirimnya pun diberikan gratis. Bahkan mereka memberikan garansi uang kembali dalam waktu 7 hari setelah barang diterima. Tanpa berpikir panjang lagi, saya langsung order pada tanggal 18 Agustus 2013.

Email konfirmasi segera dikirim dan dijanjikan dalam waktu 4 sampai dengan 6 hari barang akan dikirim. Setelah ditunggu 5 hari tanpa kabar, ternyata di hari ke-5 saya menerima SMS yang mengabarkan bahwa barang saya sudah dikirim.
Tanggal 26 Agustus 2013 siang saya mendapat kabar dari rumah bahwa kiriman sudah diterima. Jadi kalau dihitung hari kerja, total waktu pengiriman adalah 6 hari kerja (tidak hitung Sabtu dan Minggu). Tepat juga prediksi dia.

Setelah box dibuka, terdapat beberapa dokumen. Saya tunda untuk membaca dokumen tersebut dan langsung melihat sepatu yang saya beli. Terlihat bagus. Saat dicoba juga terasa nyaman. Kondisi sepatu tidak ada yang cacat. Secara keseluruhan saya puas dengan produknya.

Lalu saya mulai melihat dokumen yang dilampirkan. Pertama adalah faktur. Dokumen kedua dan ketiga-nya yang mengejutkan. Mereka sudah mempersiapkan form retur. Kalau-kalau saja saya tidak puas dengan produknya, maka saya tinggal isi form tersebut dan kirim balik ke mereka. Bahkan mereka akan refund ongkos kirimnya bila kesalahan ada di pihak mereka.


Kesimpulan: dari skor 0-10 di mana 0= sangat tidak puas, 10=puas sekali, pengalaman berbelanja di Zalora saya kasih angka 8. Kemudahan memilih produk sudah sangat bagus. Harga juga sangat bersaing. Ketidaknyamanan karena tidak bisa mencoba produk selayaknya membeli produk apparel pada umumnya dikompensasikan dengan garansi pengembalian barang, gratis ongkos kirim dan sistem pembayaran COD. Masukan dari saya: bila waktu pengirimannya bisa lebih cepat, saya pasti akan kasih skor 9. Dugaan saya: Zalora tidak ready stock sehingga harus ambil dulu dari gudang Vendor. Kalau mereka punya stock, saya yakin waktu pengiriman pasti bisa 2 sampai 3 hari.

Tidak apa-apa. Amazon pada awal berdiri pun tidak punya stok kok. Setelah mereka besar, baru mereka berani stok. 

Well done Zalora. Tetap semangat ya. Terus memperbaiki diri.

Oya, tadi pagi saya langsung coba sepatunya keliling-keliling rumah. Sejauh ini, belum ada keluhan dengan sepatu yang saya beli.

Tidak ada komentar: