22 Agustus 2013

Ekspansi Bisnis

Kapan waktu terbaik untuk ekspansi bisnis, seperti: tambah karyawan baru, buka cabang/toko baru, masuk ke teritori yang baru, dan sebagainya?

Menurut Brad Sugars, pendiri ActionCoach, perusahaan pelatihan bisnis yang sangat terkenal, untuk membangun bisnis yang bisa berjalan secara menguntungkan tanpa pemiliknya ada di dalamnya membutuhkan 6 langkah.

Prosesnya dimulai dari Mastery. Anda harus menguasai hal-hal fundamental mengenai bisnis Anda dulu, yaitu: Tujuan, Waktu, Uang, dan Delivery. Saya tidak akan bahas banyak di sini karena bukan tujuan dari artikel ini untuk membahas detail mengenai mastery. Namun intinya adalah: Segala hal mengenai bisnis Anda harus dikuasai dulu.

Tahapan kedua adalah Niche. Setelah Anda menguasai bisnis Anda, termasuk di dalamnya menguasai produk yang ingin Anda jual, Anda mulai konsentrasi untuk meningkatkan penjualan. Anda harus menciptakan USP (Unique Selling Proposition). Anda harus mulai mengkomunikasikan produk Anda ke pasar. 

Nah, di level ini biasanya omset Anda akan meningkat. Secara langsung hal ini akan mengakibatkan operasional perusahaan Anda mulai terlihat kelemahannya di sana-sini. Tim Anda mulai kewalahan namun uang Anda mulai banyak.

Pada level inilah banyak pebisnis yang mulai melakukan kesalahan. Omset yang meningkat menggoda para pebisnis untuk melakukan ekspansi. Operasional yang tidak mulus memunculkan pikiran untuk menambah karyawan untuk membereskan masalah tersebut. Apabila Anda terjebak dengan perangkap maka inilah yang akan terjadi:
  1. Saat Anda ekspansi, maka operasional Anda yang sudah kacau akan bertambah kacau lagi. Akibatnya maka pelanggan Anda mulai merasa tidak nyaman lagi dengan perusahaan Anda. Keluhan mulai masuk. Semakin Anda genjot omset, semakin kelabakan tim Anda, maka semakin banyak keluhan dari pelanggan atas bisnis Anda.
  2. Operasional yang kacau biasanya menyebabkan pebisnis untuk mencari jalan pintas, yaitu mencari tambahan tenaga bantuan. Menambah karyawan secara prematur juga akan memperparah kondisi. Karyawan baru yang tidak dilatih dengan benar serta tidak mempunyai value dan visi yang sama justru akan memperparah operasional perusahaan Anda.
  3. Omset yang membesar biasanya identik dengan uang yang banyak. Begitu pula dengan piutang (bila bisnis Anda menggunakan kredit), hutang serta persediaan. Bila piutang, hutang & persediaan tidak dikelola dengan baik maka cashflow Anda pasti akan terganggu.
Melihat 3 efek di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ekspansi bisnis yang prematur akan menempatkan bisnis Anda dalam bahaya.

Lalu apa solusinya? Harusnya di langkah ke-3 yang harus diambil adalah: Leverage.
Pada level ini, Anda mulai membereskan sistem perusahaan Anda. Anda mulai melakukan standarisasi operasional yang nantinya akan menjadi SOP (Standard Operation Procedure) perusahaan. Anda juga perlu memasang KPI (Key Performance Indicator) di semua area bisnis Anda untuk mengukur kemajuan (atau kemunduran) masing-masing area tersebut.
Anda juga perlu mulai invest di system IT agar pekerjaan karyawan bisa lebih cepat. Software komputer untuk akuntansi, payroll, absensi, HRD dan sebagainya sudah perlu Anda miliki agar semua angka-angka bisnis Anda bisa terpantau dengan mudah.
Anda juga butuh sistem rekrutmen karyawan serta pelatihan yang bagus sehingga siap untuk menambah karyawan yang kompeten.

Mengapa level Leverage baru dilakukan setelah Niche dan sebelum ekspansi? Leverage membutuhkan waktu & biaya yang tidak sedikit untuk melaksanakannya. Untuk membeli software akuntansi, Anda butuh uang. Bila bisnis Anda belum menghasilkan uang yang cukup, Anda jangan beli software dulu. Namun kalau Anda sudah punya uang namun langsung ekspansi sebelum pakai software, maka resiko kebocoran di sana sini akan menjadi tanggungan Anda.

Setelah sistem terpasang dengan baik, maka barulah kita masuk ke level berikutnya, yaitu: TEAM

Inilah saatnya bagi Anda untuk mulai buat strategi ekspansi. Karena sistem sudah terbentuk, maka saat Anda rekrut karyawan baru, mereka tinggal dilatih untuk menjalankan sistem yang sudah ada. Bila sistem Anda bagus, maka bisnis Anda tinggal meluncur cepat di jalan tol.

Dua langkah selanjutnya, Synergy dan Result, tidak saya bahas lagi karena tidak relevan dengan artikel ini. Silahkan Anda menghubungi ActionCoach untuk informasi lebih lanjut.

Semoga melalui artikel ini bisa membantu Anda membuat keputusan strategis sebelum melakukan ekspansi bisnis.

Tidak ada komentar: