22 Agustus 2013

Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Kalau Anda sedang mencari-cari software akuntansi untuk bisnis Anda, maka kemungkinan besar Anda akan berjumlah dengan software akuntansi tertentu yang menglaim bahwa software-nya adalah nomor 1 atau nomor 2 di Indonesia.

Presiden pertama kita, Ir. Sukarno, di dalam pidatonya pernah berkata: Semua kecap nomor 1, tidak ada yang nomor 2. Dari situlah kita mulai menggunakan jargon tersebut.

Artikel kali ini tidak akan membahas apakah benar mereka nomor 1. Namun apakah predikat nomor 1-nya ini mempunyai arti bagi Anda atau tidak. Pertanyaannya adalah: Bila produk yang menglaim sebagai nomor 1 itu tidak cocok untuk kebutuhan Anda, apakah hal itu bermanfaat?

Contoh: Di sebuah majalah otomotif memberikan predikat Car of the year kepada sebuah mobil sedan. Dengan kata lain, mobil sedan tipe itu mendapat gelar mobil nomor 1 di tahun itu. Apakah dengan adanya gelar tersebut serta merta akan membuat Anda membeli mobil tersebut?
Bila keluarga Anda termasuk keluarga besar. Punya anak 3, ayah & ibu serta mertua juga sering diajak jalan-jalan. Kira-kira apakah mobil nomor 1 tersebut cocok untuk Anda?

Cocok adalah kata yang paling tepat. Software akuntansi yang terbaik BAGI Anda adalah software yang paling COCOK dengan kebutuhan Anda.

Berikut tips untuk mencari software akuntansi yang COCOK untuk Anda.

1. Ketahui kebutuhan internal Bisnis Anda.
Bagaimana Anda bisa mengetahui sesuatu cocok atau tidak bila Anda tidak tahu kebutuhan Anda? Bila Anda memang belum mengetahui kebutuhan Anda, mulailah untuk bertanya dulu: Apa tujuan Anda untuk menggunakan software akuntansi?
Jawaban "untuk membantu mencetak faktur" tentunya akan membawa Anda untuk membeli software yang berbeda bila jawabannya adalah: "agar perusahaan saya bisa rapi dan cepat dalam membuat keputusan".
Steven Covey di bukunya yang terkenal: "7 Habit of Highly Effective People" menyatakan salah satu habit orang yang efektif adalah mulai dengan hasil akhir. Oleh sebab itu, mulailah bertanya kepada diri Anda sendiri: Bisnis Anda mau dijadikan seperti apa? Bila Anda ingin bisnis Anda menjadi perusahaan kelas dunia, maka mulailah mencari software akuntansi yang bisa berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan perusahaan Anda. Carilah software yang bisa ikut disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Ketahui reputasi dari perusahaan yang mengembangkan software akuntansi tersebut
Membeli software akuntansi ibaratnya seperti melangkah ke pernikahan antara perusahaan Anda dengan perusahaan sang pengembang software. Mengapa demikian? Karena semenjak Anda memutuskan untuk membeli software mereka, maka pada saat itulah Anda akan bergantung pada mereka.
Semua data bisnis Anda akan masuk ke dalam software mereka. Apabila ada sesuatu yang terjadi dengan software tersebut, maka data bisnis Anda adalah taruhannya. Oleh sebab itu, carilah perusahaan yang mempunyai reputasi yang bagus.
Cari tahu mengenai keabsahan perusahaan itu. Kunjungi bila perlu. Bicara dengan pemiliknya untuk mengetahui apa value mereka tentang layanan purna jual.

3. Lakukan uji coba 
Bila Anda sudah mengetahui kebutuhan bisnis Anda dan sudah menemukan software akuntansi yang cocok, maka sebelum Anda memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda luangkan waktu untuk melakukan ujicoba. Ajak semua anggota tim Anda yang terlibat dalam proses operasi software tersebut. Minta masukan dari mereka. Bila ada hal-hal yang mengganggu operasional, ada baiknya dibicarakan dengan pihak vendor agar dapat mendapat solusi yang tepat.

4. Harga yang ditawarkan
Hati-hati dengan harga yang ditawarkan. Cermati apa saja yang akan Anda dapatkan dari harga yang Anda bayar. Secara teoritis, harga sebuah software adalah hampir 0 karena biaya untuk duplikasi software hanya seharga sebuah CD.
Kalau memang demikian, mengapa harga software akuntansi bisa menjadi mahal? Karena Anda butuh:

  1. Konsultan untuk memberikan solusi yang cocok untuk bisnis Anda.
  2. Implementor untuk install & setting software mereka agar bisa berjalan dengan lancar.
  3. Trainer untuk melatih tim & Anda agar bisa menggunakan software mereka dengan baik.
  4. Support untuk membantu Anda bila ada kesulitan dalam menggunakan software mereka.
  5. Kunjungan dari vendor bila ada hal-hal yang tidak bisa diselesaikan via telepon & email.
  6. Programmer untuk melakukan customisasi bagi perusahaan Anda.
Semuanya itu yang membutuhkan biaya yang besar. Silakan dicermati harga yang ditawarkan kepada Anda.

Demikian tips dari saya. Semoga berguna bagi Anda yang sedang mencari-cari software akuntansi untuk perusahaan Anda.



Tidak ada komentar: